• Uncategorized 24.09.2016

     

    PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

    1

    PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY UNTUK KEPENTINGAN MASYARAKAT SELURUH DUNIA

    BIDANG KEGIATAN :

    PKM—GT

    Diusulkan oleh :

    Grisviany                     2001545426

    Ricky Marten              2001541466

    Teguh Wibowo Wijaya       2001545621

    UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

    TANGERANG

    201

     

     

    RINGKASAN

    Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah  lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tujuan dari Augmented Reality adalah Untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk memahami suatu konsep, yang menjadikan dunia virtual dan dunia nyata sebagai interface yang baru untuk menampilkan sebuah informasi yang dapat memperjelas serta membantu di berbagai macam bidang. Contohnya : pendidikan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan segala macam hiburan. Augmented reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman.

    Augmented Reality sudah ada sejak 1975 oleh seorang ilmuwan bernama Myron Krueger yang menemukan video place untuk berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya.

    Augmented Reality terbagi menjadi 2 metode, yaitu Marker Augmented Reality( Marker Augmented Reality) dan Markerless Augmented Reality. Marker Augmented Reality adalah suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang yang berwarna putih Contoh nya : . Sedangkan Markerless Augmented Reality penggunanya tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen – elemen digital. Markerless Augmented Reality juga dibagi menjadi 4 yaitu Face Tracking, 3D Object Tracking, Motion Tracking, GPS Based Tracking. Face Tracking adalah Algoritma pada computer terus dikembangkan, hal ini membuat komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan lain – lain. 3D Object Tracking adalah dapat mengenali semua bentuk benda yang ada di sekitar contoh nya mobil, meja, televisi, dan lain-lain. Motion Tracking adalah kemampuan AR untuk menangkap gerakan contoh nya film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan. GPS Based Tracking merupakan teknikm yang mulai populer dna banyak dikembangkan pada aplikasi smartphone dengan memanfaatkan kompas didalam smartphone yang nantinya datanya akan di ambil dari GPS dan kompas dalam bentuk arah yang kita inginkan.

    Augmented Reality ini diprediksi akan mengubah cara pandang manusia terhadap lingkungan sekitar kita, contohnya informasi yang lebih kaya, media informasi terbaru, dinamis dan relatif, dan unlimited.

     

    PENDAHULUAN

    Latar Belakang

    Perkembangan teknologi masa kini sangatlah pesat, banyak teknologi keluaran baru maupun teknologi lama yang terus dikembangkan oleh manusia untuk dapat mendampingi dan memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-harinya.

    Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang dapat merealisasikan dunia virtual atau penggabungan benda-benda nyata dan maya kedalam dunia nyata sehingga seseorang dapat melihat suatu benda di dunia virtual dan dunia nyata berada pada suatu tempat yang sama.

    Dalam merealisasikan Augmented Reality, dibutuhkannya bantuan perlengkapan untuk menampilkan kedalam dunia nyata, seperti, webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus.

    Mengapa harus Augmented Reality? Karena Augmented Reality saat ini sangat dibutuhkan masyarakat dan dari berbagai bidang. Augmented Reality tidak hanya sebagai pelengkap hiburan tetapi bisa juga dipakai di bidang medis ataupun pendidikan. Dalam PKM-GT ini akan dijelaskan seputar informasi tentang Augmented Reality ini dan PKM-GT ini akan menjadi pedoman sebagai perkembangan Teknologi.

    Rumusan Masalah

    1. Apa pengertian Augmented Reality?
    2. Apa tujuan Augmented Reality?
    3. Apa metode yang dikembangkan pada Augmented Reality?
    4. Apa saja bidang yang dimanfaatkan dari Augmented Realty?
    5. Siapa saja yang akan mengembangkan Augmented Reality kedepannya?

    Tujuan

    1. Memahami pengertian Agmented Reality
    2. Mengetahui tujuan Augmented Reality
    3. Mengetahui metode yang dikembangkan pada Augmented Reality
    4. Mengetahui berbagai bidang pemanfaatan Augmented Reality
    5. Mengetahui pihak-pihak yang mengembangkan Augmented Reality di Zaman selanjutnya.

     

    GAGASAN

    Pemanfaatan Augmented Reality di Zaman Sekarang

    Augmented Reality kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat karena semakin lama augmented reality sangat di butuhkan dan digunakan, tidak hanya bidang hiburan(game), augmented reality dapat digunakan dalam bidang kesehatan, pelatihan militer, dan juga bisnis.

    Salah satu bentuk augmented reality yang mungkin digunakan di masa depan adalah HUD (Head Up Display). Biasanya ini sering dilihat di film Iron Man.

     

     2

    Gambar 1 Head Up Display

    Selain itu, ada juga Eyeglass yang bersaing dengan Google Glass yang manfaatnya sama untuk menampilkan informasi disekitarnya menjadi mudah dan cepat dan menjadi sangat nyata (Kompasiana, 2016)

     3

    Gambar 2 Eyeglass AR from Sony

                Di penghujung tahun ini bisa dinikmati teknologi Augmented Reality yang dibuat oleh Project tango yaitu sebuah ponsel teranyar dari negara tirai bambu ini dengan fitur Augmented Reality dengan perpaduan natara Google, Microsoft, dan juga Lenovo.

    4

                Gambar 3 Handphone dengan fitur Augmented Reality

     

    Augmented Reality yang Sangat Bermanfaat untuk Masa Depan

    Semakin berjalannya waktu, teknologi semakin modern dan penyakit juga makin langka munculnya yang tidak bisa tangani dengan hal biasa. Saat ini ada beberapa aplikasi Augmented Reality untuk fokus di bidang kesehatan, contohnya Google Glass yang membantu pembedahan. Jika nanti ada aplikasi augmented reality untuk bidang kesehatan, akan di buat aplikasi untuk memudahkan pasien untuk memeriksa penyakitnya secara modern, ada penanganannya, dan apabila ada pasien yang dirawat bisa menjadi media pengganti suster untuk menjaga pasiennya di ruangan dengan akurat.

    Kemudian, di bidang pendidikan jika bisa Augmented Reality di pergunakan untuk murid – murid di kelas agar mengembangkan kecerdasan, inovatif, dan imajinasi nya.

    Beberapa Teknologi dari Augmented Reality yang Multifungsi

                Di bidang kesehatan sudah di buat juga teknologi untuk menjaga pasien, sehingga ada yang mengatur pasiennya atau membantu suster untuk menyuntikan pasien, semua di buat mudah untuk kesembuhan pasien yang bernama Evena Eyes-On Glasses.

    5

    Gambar 4­­ Augmented Reality di Bidang Kesehatan

    Selain itu ada juga aplikasi yang sudah di aplikasikan kebeberapa sekolah di Indonesia ( Jakarta dan Depok) yaitu untuk siswa atau siswi semakin cerdas karena di setiap pembelajaran menggunakan augmented reality sudah terbukti membuat siswa atau siswi lebih cepat memahami sebuah materi dibandingkan dengan pengajaran biasa. Di bangku perkuliahan pun juga bermanfaat dengan augmented reality. Menurut survey pada tahun 2013 oleh ilmuwan dari Spanyol  di Universitas Carlos III Mardrid bahwa Augmented Reality dapat membantu dosen-dosennya mengajari mahasiswa atau mahasiswi tentang ketidakpahaman materi yang diberikan dosen.

    Pihak – Pihak yang Ikut Serta untuk Pengembangan Augmented Reality

    1. Pemerintah, untuk memotivasi kaum muda untuk mengembangkan augmented reality dibidang kesehatan dan pendidikan, yang nantinya akan membantu masyarakat di setiap negara.
    2. Mahasiswa IT, ini sangat dibutuhkan karena merekalah yang ahli di bidang ini yang akan membuat suatu program Augmented Reality menjadi bermanfaat
    3. Seluruh masyarakat, dalam pembangunan sebuah produk diperlukan ide dari masyrakat, sehingga kita bisa saling menuangkan ide dari masyarakat untuk masyarakat agar bisa bermanfaat untuk semuanya.

    Langkah- langkah yang Harus Dikembangkan dari Augmented Reality Agar Menjadi Multifungsi

    1. Melakukan riset tentang apa yang bakal dibutuhkan masyarakat di perkembangan selanjutnya.
    2. Augmented Reality nantinya akan menjadi suatu produk yang tingkat bisnisnya tinggi, jadi sebagai pesaing dengan perusahaan besar harus lebih cerdas dalam pembuatan produk Augmented Reality.
    3. Utamakan untuk dibidang kesehatan dan pendidikan, karena seiring perkembangan zaman, kesehatan dan pendidikan merupakan hal paling utama untuk diperhatikan dan ditingkatkan.
    4. Pastikan semua aplikasinya bermanfaat bagi masyarakat.

     

    KESIMPULAN

    Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah  lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tujuan dari Augmented Reality adalah untuk membuat dunia virtual menjadi lebih nyata, meningkatkan imajinasi seseorang melalui pancainderanya terhadap dunia maya menjadi dunia nyata. Augmented Reality sangat bermanfaat diberbagai bidang, contohnya dalam bidang medis, pendidikan, pelatihan militer, sebagai hiburan (games), manufaktur atau repereasi, serta sebagai navigasi telepon genggam Metodenya pun ada dua macam yaitu Marker Augmented Reality( Marker Augmented Reality) dan Markerless Augmented Reality.

    Augmented Reality sudah ada sejak 1975 oleh seorang ilmuwan bernama Myron Krueger yang menemukan video place untuk berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. Ini di prediksi akan mengubah cara pandang manusia terhadap lingkungan sekitar.

    6

    Gambar 5 Augmented Reality

                Saat ini sudah banyak aplikasi Augmented Reality yang sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti Eyeglass dari Sony yang membuat informasi semakin nyata, lalu juga ada Head Up Display yang menunjukan suatu aplikasinya di depan mata langsung dan dapat membuat informasi atau pemberitahuan apapun lebih jelas dan nyata, ada juga Google Glass yang membantu medis dalam bagian pembedahan, jadi dengan adanya itu para tim medis lebih mudah melakukan pembedahan tersebut.

    7

    Gambar 6 Google Glass sebagai media pembantu tim medis

                Di dalam pendidikan Augmented Reality sangat bermanfaat bagi murid – muridnya karena dapat meningkatkan kecerdasannya karena dengan informasi yang secara nyata akanlebih mudah dimengerti oleh muridnya.

    8

                Gambar 7 Augmented Reality untuk Dunia Pendidikan

                Semakin majunya teknologi, Augmented Reality juga harus berkembang bagi penggunanya agar dapat berbagai manfaatnya, kedepannya Augmented Reality akan dibuat sebuah keluaran baru dari Project Tango dengan campur tangan dari Google, Microsoft, dan juga Lenovo akan menjadi HP dengan fitu paling canggih, kisaran waktu sekitar penghujung tahun 2016.

    9

                                                    Gambar 8 Handphone dengan fitur Augmented Reality

                Semakin kedepannya Augmented Reality akan difokuskan dengan dunia medis dan pendidikan, yang nantinya akan membantu masyarakat dalam hal medis dan juga meningkatkan inovasi, imajinasi,intelektual, serta rasa ingin tau terhadap murid, mahasiswa, dan masyarakat dengan lebih nyata.

    Pihak-pihak yang akan membantu dalam pengembangan Augmented Reality ini pertama dari pemerintah yang harus memotivasi masyarakatnya untuk saling membantu, dari bidang IT-nya juga yang berperan besar dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality serta ide-ide masyarakat yang akan diterima untuk meningkatkan mutu dunia.

    Langkah yang harus dikembangkah adalah lebih cari tau lagi bagaimana masyarakat membutuhkan, apa yang dibutuhkan masyarakat, dan sekedar informasi Augmented Reality nantinya akan berkembang pesat di dunia bisnisnya sehingga kita harus memanfaatkan segala kesempatan yang ada nantinya.

     

    DAFTAR PUSTAKA

    Efendi, I. (n.d.). Pengertian Augmented Reality. Retrieved from  https://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/

    Realitas Tertambah. (2016). Retrieved from Kompasiana website: http://www.kompasiana.com/geyonk/realitas-tertambah_57687561b492731611320a69

    Yuk! tengok penggunaan Augmented Reality. (2012). Retrieved from wordpress website: http://thereal.blog.binusian.org/2012/12/07/the-real/

    Andriyadi, A. (n.d.). Sejarah Augmented Reality. Retrieved from http://belajar-ar.blogspot.co.id/2010/05/sejarah-augmented-reality_28.html

    Aziz, A. I (n.d.). Pemanfaatan Augmented Reality pada Bidang Kesehatan. Retrieved from http://kuliahrva.blogspot.co.id/2014/11/pemanfaatan-augmented-reality-pada_25.html

    Yusuf, O. (2016). Mengenal Teknologi Project Tango dari Google. Retrieved from http://tekno.kompas.com/read/2016/06/10/10470007/Mengenal.Teknologi.Project.Tango.dari.Google

    Zaida, E. (n.d.). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) dalam Dunia Pendidikan. Retrieved from http://www.nurulfikri.com/index.php/tentang-kami/41-highlight-news/tulisan-dosen/166-pemanfaatan-augmented-reality-ar-dalam-dunia-pendidikan

     

    BIODATA

    Nama : Grisviany

    NIM : 2001545426

    Alamat : Jalan Danau Singkarak 7 No 7 Block AD5

    No. Handphone : 0878-8736-0880

    Email : grisviany_16@yahoo.com

     

    Nama : Ricky Marten

    NIM : 2001541466

    Alamat : Villa Tangerang Regency II Blok AA 2 No 46

    No. Handphone : 085958053313

    Email : whyrickyha@yahoo.com

     

    Nama : Teguh Wibowo Wijaya

    NIM : 2001545621

    Alamat : Villa Regency Tangerang II Block AB 7 No 8

    No. Handphone : 085780333083

    Email : teguh.wijaya@binus.ac.id

    Posted by Teguh Wibowo Wijaya @ 4:21 pm